IKAN ARWANA IRIAN




Sumber: https://gerava.com/ikan-arwana-irian-perawatan-ciri-ciri-harga-gambar/

Kenalkan, aku adalah Ikan Arwana Irian. Masyarakat Papua memanggilku dengan nama ikan Kaloso. Namun aku lebih terkenal dengan sebutan ikan Jardini. Nama tersebut diambil dari nama latinku yaitu Scleropages Jardinii.

Aku banyak ditemukan di Papua, terlebih lagi di sungai dan rawa-rawa yang  berada di Kabupaten Merauke. Sisikku berkilauan sangat indah jika terkena cahaya dari sudut yang tepat. Karenanya, aku juga sering disebut sebagai arwana mutiara.

Mulanya, aku sering ditangkap oleh nelayan penduduk Papua untuk dijadikan santapan sehari-hari. Namun karena kecantikanku, banyak orang menjadikanku ikan hias di akuarium. Semenjak menjadi ikan hias, aku banyak dicari oleh orang-orang luar daerah termasuk dari luar negeri. Permintaan sangat banyak, sedangkan populasiku semakin menurun. Hal itu menyebabkan aku menjadi hewan langka yang dilindungi.

Aku hidup di perairan yang bergerak lambat atau diam, termasuk aliran sungai, anak sungai, dan rawa. Aku cenderung memilih perairan yang terdapat banyak rerumputan, semak belukar, pepohonan yang terendam, permukaan cabang yang menjorok, pinggiran sungai dengan perakaran pohon yang tenggelam, dan tempat-tempat yang mempunyai banyak tumbuhan air seperti eceng gondok, alang-alang, dan kangkung sungai. Untuk makanan, aku biasa memangsa serangga, ikan-ikan kecil, dan sedikit material tumbuhan.

Jenisku ada dua, yaitu yang berwarna dasar hijau dengan mutiara merah dan yang berwarna dasar hitam dengan mutiara emas. Jenis yang kedua lebih langka dan lebih sulit ditemukan. Karenanya, harga penjualan juga berbeda. Aku dengan jenis yang kedua lebih mahal dibanding yang pertama. Namun tetap saja harga keduanya terbilang mahal, bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah perekor.

Aku punya saudara, lho, di Australia. Saudaraku ini dikenal dengan nama red spotted pearl  dengan nama latin Scleropages Leichardity. Perbedaannya adalah, saudaraku yang hidup di perairan Australia mempunyai taburan mutiara merah yang mencolok. Sedangkan taburan mutiara pada badanku tidak terlalu mencolok seperti mereka.

Aku banyak ditangkap pada musim penghujan, yaitu bulan November hingga Februari. Kegiatan penangkapan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan penduduk sekitar atau untuk memenuhi permintaan para pembeli dari luar daerah. Aku kerap diperdagangkan ke luar negeri dalam jumlah banyak. Pihak pemerintah telah banyak melakukan upaya untuk melindungiku dari kepunahan. Namun semua upaya itu tentu tidak akan terwujud tanpa adanya kerja sama dari semua pihak. Karena itu, yuk sukseskan program pemerintah untuk melindungiku dari kepunahan!

Daftar Pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Arwana_Asia

http://researchgate.net/publication/306290946_KAJIAN_KARAKTERISTIK_HABITAT_DAN_KELIMPAHAN_STOK_IKAN_ARWANA_IRIAN_Scleropages_Jardinii_DI_SUNGAI_MARO_KUMBE_DAN_KIMAAM_KABUPATEN_MERAUKE_PAPUA

https://gerava.com/ikan-arwana-irian-perawatan-ciri-ciri-harga-gambar/

https://m.liputan6.com/citizen6/read/2837699/arwana-jardini-si-cantik-asli-papua-yang-mendunia

 

Profil Penulis:

Penulis adalah ibu dari dua orang anak. Ia tinggal di Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Ia bisa dihubungi melalui Instagram @Wawang_w dan FB Wawang Santika Agustini New.

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog